Minggu, 19 Juni 2011

Netiket

TwitThis
Forum internet merupakan fasilitas yang tersedia di internet dimana pengguna dapat berdiskusi. Forum berbasis internet ini sudah dikenal sejak tahun 1995, dan fungsinya mirip bahkan lebih baik dari papan buletin dan milis internet yang sudah ada sejak tahun 1980-an. Perasaan komunitas virtual sering muncul pada fourm-forum yang memiliki anggota tetap. Teknologi, permainan komputer, dan politik merupakan tema paling populer yang menjadi pokok bahasan forum internet, tetapi masih banyak lagi topik-topik lainnya.
Etika pergaulan yang harus dipatuhi oleh setiap anggota forum adalah:


1. Jangan gunakan huruf kapital
Hal ini dikarenakan penggunaan karakter huruf biasanya dianalogikan dengan suasana hati sipenulis. Huruf kapital mencerminkan penulis yang sedang emosi, marah, atau berteriak. Akan tetapi, adakalanya huruf kapital dapat digunakan untuk memberi penegasan maksud.
2. Kutip seperlunya
Ketika Anda ingin memberi tanggapan terhadap postingan seseorang dalam suatu forum kutiplah bagian intinya saja dan buang bagian yang tidak perlu. Jangan sekali-kali mengutip dseluruh isinya karena bias membebani banwidth server yang bersangkutan dan bias berakibat kecepatan akses ke forum menjadi terganggu.
3. Perlakukan terhadap pesan pribadi
Jika seseorang mengirim informasi atau gagasan kepada anda secara pribadi, anda tidak sepatutnya mengirim atau menjawab kembali ke dalam forum umum.
4. Hati-hati terhadap informasi atau berita hoax
Tidak semua berita yang berada di internet itu benar.Sebagai contohnya spam dan hoax merupakan musuh besar bagi para netter oleh karena itu sebelum anda memforward pastikan terlebih dahulu bahwa informasi yang ingin anda kirim itu benar.
5. Ketika harus menyimpang dalam topik( Out Of Topic /OOT).
Ketika anda ingin menyampaikan hal yang diluar topic (OOT) berilah keterangan agar subyek dari diskusi tidak rancu.
6. Hindari personal attack
Ketika anda dalam situasi debat jangan sekali-kali menjadika kelemahan pribadi lawan sebagai senjata untuk melawan argumentasinya.
7. Kritik dan saran yang bersifat pribadi harus lewat PM (Personal Message)
Jangan mengkritik oseseorang di depan forum karena hal ini akan membuatnya rendah diri. kritik dan saran yang di berikan pun harus bersifat konstruktif, bukan destruktif. Beda apabila kritik dan saran itu di tujukan untuk anggota forum secara umum atau pihak moderator dalam rangka perbaikan system forum, Anda boleh mempostingnnya di dalam forum selama tidak menunjukan orang per orang tertentu.
8. Dilarang Menghina Agama
Ada beberapa forum dalam situs yang memungkinkan terjadinya debat antar agama yang berlainan denominasinya.Untuk itu, diharapkan agar masing-masing netter tidak menghina nama tuhan,nama nabi, kitab suci,denominasi,dan sebagainya hanya untuk memebenarkan keyakinannya sendiri.
9. Bertanya dengan cara bertanya yang baik, yaitu:
1) Gunakan bahasa yang sopan
2) Jangan asumsikan bahwa anda berhak mendapatkan jawaban
3) Beri judul yang deskriptif atau sesuai
4) Tulis pertanyaan anda dengan bahasa yang baik dan mudah dimengerti
5) Buat kesimpulan setelah permasalahan anda terjawab

0 komentar:

Posting Komentar

 

About

RSS Feed Berlangganan posting via RSS FEED

Atau berlangganan posting via email:


Make Widget
Tempatkan iklan Anda disini

Followers

Twitter Blog Templates © Copyright by Be Smart | Template by BloggerTemplates | Blog Trick at Blog-HowToTricks